Cara Membuat brosur pdf untuk promosi barang/jasa
Brosur merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan untuk mempromosikan produk barang, jasa, dan lain-lain. Bentuk fisik brosur yang terbuat dari kertas ini berisikan sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai produk jasa atau produk tersebut.
1. Bagaimana cara membuat brosur?
1. Buka Aplikasi Microsoft Word
Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer maupun laptop Anda. Lalu, klik pilihan menut 'template'.
2. Klik ‘Brochure’
Ketik 'brochure' pada kolom pencarian atau search yang ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya, akan muncul beberapa jenis template brosur yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Biasanya, ada tiga jenis lipatan dan desain template brosur yang telah dikategorikan sesuai dengan jenis industrinya.
3. Membuat Konsep Desain Brosur
Setelah memilih template brosur, langkah berikutnya ialah memilih konsep desain brosur seperti layout, warna, dan beberapa desain bentuk.
Pilihlah yang bisa melengkapi kebutuhan, disesuaikan juga dengan tema, dan pastikan desain warna maupun layout yang dipilih membuat calon konsumen tertarik membaca brosur Anda.
4. Kostum Tulisan dan Gambar
Jika sudah memilih template brosur yang sesuai, langkah selanjutnya ialah Anda bisa mengkostum atau membuat sendiri teks dan gambar yang ingin disematkan pada brosur. Pakailah font, warna, dan gambar yang memudahkan orang untuk membaca serta menarik untuk disimak.
5. Simpan
Setelah selesai mendesain template brosur, klik ikon 'disket' di tab paling atas lalu klik 'save as' dan beri nama file brosur yang sudah dipilih. Kini, Anda telah memiliki brosur dan siap dicetak. Itulah cara membuat brosur menggunakan Microsoft Word yang cepat dan mudah.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal saat membuat brosur agar bisa menarik calon konsumen, yakni:
- Fokus pada tujuan saat membuat brosur. Apakah Anda membuat brosur sebagai media marketing produk bikinan Anda sendiri? Jika ya, maka harus mencakup hal-hal penting pad produk.
- Pilihlah judul yang menarik sehingga calon konsumen penasaran dan ingin membaca brosur bikinan Anda. Misalnya, "Tampil Cerah, Natural, dan Sehat dengan Suplemen Herbal".
- Simpel tapi tetap informatif. Jangan membuat brosur dengan kalimat yang tidak efektif maupun bertele-tele karena akan sulit diingat dan tidak menarik. Pastikan juga menggunakan foto-foto yang dengan kualitas baik agar saat dicetak foto tersebut tidak pecah atau buram.
Judul di dalam brosur harus berukuran besar, tulisan di dalam brosur harus jelas, bahasa yang digunakan harus mudah dipahami dan diingat. •Gambar yang ada di dalam brosur harus berkaitan dengan isi dan topik, ketepatan pilihan warna harus sesuai dengan warna dasar brosur dan tulisan.
2. Apasaja langkah pertama membuat brosur?
1. Mengerti Keinginan Konsumen
Sebelum Anda mencetak brosur, pastikan Anda tahu apa keinginan konsumen Anda. Kenapa mereka mau membeli produk Anda? Apa yang bisa Anda berikan untuk mereka? Dan pemecahan masalah seperti apa yang ditawarkan oleh Anda? Lalu.
Tentukan juga tema untuk brosur yang mau dibuat. Untuk usaha yang berbau seni, Anda mungkin butuh brosur yang penuh corak warna-warni. Sementara untuk usaha yang serius seperti periklanan, Anda mungkin butuh brosur dengan warna yang bold seperti monokrom.
2. Terapkan AIDA
Bagi Anda yang belum tahu, AIDA merupakan kependekan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Supaya efektif, brosur Anda harus menarik perhatian (get attention).
Membuat pembaca tertarik untuk baca lebih jauh (get interested), membuat pembaca jadi ingin membeli produk Anda (get desired), dan membuat pembaca segera mengambil tindakan untuk membeli (get action).
3. Gunakan Headline dan Foto yang Menarik
Hanya butuh beberapa detik saja bagi pengunjung untuk melirik brosur Anda dan memutuskan mau membaca atau membuangnya. Untuk itu, Anda membutuhkan headline dan foto yang menarik supaya pembaca mau membalik halaman.
Gunakan headline yang bisa menjawab pemecahan masalah konsumen, bisa juga berupa grafik, atau gunakan foto yang profesional. Jangan juga menggunakan foto yang amatir karena hasilnya pasti tidak akan bagus.
4. Gunakan Poin-Poin
Tak bisa dipungkiri, para pengusaha pasti punya waktu yang sedikit apalagi untuk membaca brosur. Maka, tulis informasi di brosur Anda berupa poin-poin dan yang pasti cukup poin penting saja. Highlight apa saja manfaat produk Anda,
Gunanya bagi konsumen, dan alasan mengapa harus menggunakan produk Anda, misalnya berikan perbedaan dengan yang lain.
5. Berikan Kontak yang Bisa Dihubungi
Jika pembaca sudah mau membaca dan memutuskan untuk membeli, jangan sampai mereka sulit mencari kontak Anda. Berikan semua kontak yang ada, mulai dari nomor ponsel, alamat, website, email, dan sosial media. Pastikan nomor Anda mudah dihubungi.
3. Kapan brosur pertamakali di temukan?
4. Siapa saja yang menggunakan brosur?
Brosur adalah suatu media yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk menawarkan suatu produk, layanan atau program kepada masyarakat umum.
Ciri-ciri brosur yang baik
- Berisikan pesan tunggal.
- Di dalamnya terdapat informasi yang mengedukasi, membujuk atau mempengaruhi orang agar tertarik membeli. ...
- Dapat menarik perhatian masyarakat.
- Memiliki sistem distribusi sendiri.
- Brosur dibikin jelas dengan desain yang menarik.
- Berukuran kertas A5 (14,8 cm x 21,0 cm)
Kenapa harus ada brosur?
Ciri-ciri brosur
5. Mengapa brosur harus memiliki desain yang menarik?
Salah satu alasannya adalah brosur bisa menjadi “wajah” perusahaan dan alat branding yang sangat ampuh. Oleh sebab itu, buatlah brosur semenarik mungkin dan seinformatif mungkin agar informasi yang Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan baik.
Mengapa brosur harus di tulis dengan kata-kata yang singkat?
karena ruang yang terbatas. Tujuannya untuk menarik perhatian dan memancing rasa penasaran kahalayak.
Mengapa dalam membuat brosur harus memiliki judul yang menarik?
Judul yang menarik dan mengundang rasa ingin tahu dapat membawa emosi konsumen untuk membaca isinya lebih lanjut. Untuk membuat judul brosur yang menarik, anda dapat menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan permasalahan konsumen.
Hal yang perlu diperhatikan dalam brosur
- Gambar / tulisan harus jelas.
- Komposisi gambar & tulisan harus proposional.
- Perhatikan komposisi warna.
- Sesuaikan isi dengan kebutuhan.
- Pastikan isi menimbulkan rasa penasaran yang tinggi.
- Identitas harus jelas.
- Trial and error.
- Sesuaikan ukuran kertas.
Bagaimana penulisan judul
- Penggunaan Huruf Kapital. Hal pertama yang perlu dipahami dalam penulisan judul yang benar adalah penggunaan huruf kapital.
- Judul Bukan Kalimat. Teknik penulisan judul yang benar berikutnya adalah terkait susunan kata pada judul.
- Memperhatikan Kelogisan.
- Tidak Boros Kata.
- Kesamaan Bentuk.
6. Dimana kita bisa menemukan brosur?
Brosur biasanya dapat ditemukan di tempat-tempat seperti halnya perkantoran, pusat perbelanjaan, ataupun lokasi wisata.
Mengapa sebuah brosur harus mencantumkan identitas yang jelas?
Pastikan brosur memiliki identitas yang jelas, sehingga calon pelanggan tidak kesulitan untuk menghubungi. Identitas disini dapat berupa nomor telepon, alamat kantor/rumah, alamat website, atau pun identitas lainnya.
Cara membuat Brosur PDF untuk promosi barabf/jasa menurut yang saya tau
Apakah kalian sudah tau cara membuat Brosur dari Microsof word, kalo belom tau mari ikuti langkah-langkah ini; Pertama masuk ke Microsof Word, lalu ke Fdocument, Issuu, edocr, docdroid, dan imgbb.
Baca juga: Optimasi Gambar untuk Website [Produk dan Jasa] yang jarang di lakukan pebisnis
Komentar
Posting Komentar